Beranda | Artikel
Takut kepada Allah dengan Gerhana (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Rabu, 9 Maret 2016

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Kajian dan Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

(Downlaod juga kajian: Di Balik Keramat Wali Allah (Bagian ke-2) – Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Ringkasan Kajian dan Ceramah Agama: Takut kepada Allah dengan Gerhana

Maksud dari tema “Takut kepada Allah Gerhana” adalah dengan melihat gerhana, baik itu gerhana matahari atau gerhana bulan maka kita menjadi takut kepada Allah Ta’ala. Takut kepada Allah adalah ibadah yang sangat agung, dan setiap muslim hendaknya mengetahuinya.

Gerhana di dalam bahasa Arab bisa disebut dengan كُسُوْفٌ kusuufun atau خُسُوْفٌ khusuufun.

Jika kedua kata itu dalam keadaan terpisah (sendiri-sendiri), maka maknanya bisa gerhana matahari atau gerhana bulan. Namun, jika kata tersebut bergabung (disebut berbarengan) dalam satu kalimat, maka كُسُوْفٌ maknanya adalah gerhana matahari, sedangkan خُسُوْفٌ maknanya adalah gerhana bulan. Demikianlah yang dijelaskan oleh para ulama, seperti Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah.

Tatkala terjadi gerhana seorang muslim hendaknya timbul di dalam hatinya rasa takut kepada Allah, bukan malam menjadikannya sebagai ajang rekreasi atau yang semisalnya. Fenomena gerhana merupakan salah satu bukti kebesaran Allah Ta’ala yang patut dijadikan pelajaran oleh setiap manusia.

Tentang fenomena gerhana, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لا يَخْسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلا لِحَيَاتِهِ، وَلَكِنَّهُمَا آيَةٌ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ، فَإِذَا رَأَيْتُمُوهَا فَصَلُّوا

Simak penjelasan lengkap mengenai “Takut kepada Allah dengan Gerhana” oleh Ustadz Ahmad Zainuddin di dalam rekaman kajian berikut ini.

Download Kajian dan Ceramah Agama: Takut kepada Allah dengan Gerhana

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahufiikum


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/19398-takut-allah-gerhana-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/